51-smk-abdurrab-inisiasi-workshop-merancang-pembelajaran-ipa-tingkat-smp-se-kota-pekanbaru

Kunjungan industri SMK Abdurrab ke CSSD RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau

Kunjungan industri SMK Abdurrab ke CSSD RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau merupakan satu tahapan awal bagi peserta didik SMK Abdurrab jurusan Asisten Keperawatan/ Layanan Kesehatan untuk memahami pentingnya kebersihan dan sterilisasi dalam dunia kesehatan. CSSD ( Central Sterile Supply Department) adalah instalasi RS yang menjadi koordinator dari suatu sistem kerja supply dan alat - alat steril.

Setiap tahap proses selalu dilengkapi dengan uji indikator mekanik ( suhu, tekanan, waktu ), Indikator Biologi ( attest ) dan Uji Mikrobiologi serta alur pelayanan satu arah ( One Way Flow ) mencegah terjadinya kontaminasi silang sehingga produk steril yang dihasilkan terjamin kualitas sterilisasinya yang pada akhirnya dapat menekan angka kejadian infeksi di rumah sakit.

Adapun tahapan yg dilalui dalam ruangan CCSD Rsud Arifin Achmad adalah :
1. Ruang Penerimaan alat
2. Ruang dekontaminasi /pendesinfeksi alat dengan melakukan pencucian alat menggunakan mesin wash, alat di cuci, lalu dibilas kemudian dikeringkan.
3. Ruang Pengemasan alat
4. Ruang penstrerilan alat ,dengan metode suhu rendah ( plasma), metode suhu tinggi ( autoclave),metode dry sheat ( Oven)
5. Ruang Pendistribusian merupakan tahapan terakhir, sehingga alat yg sudah steril dapat di gunakan kembali.