50-smk-abdurrab-sapu-bersih-juara-lomba-kti-se-sumatera

SMK Abdurrab Sapu Bersih Juara Lomba Kti Se-Sumatera

Sebanyak 3 Tim KTI yang terdiri dari 8 siswa-siswi SMK Abdurrab Pekanbaru, Putri Cristine, silviana Ramaloka, Cindy Fatika, alya azzahra, dwifa dilla, randa mauly Sicha, bayu eka Putra dan sarah jesica berhasil menyapu bersih gelar juara 1, 2 dan 3 dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) tingkat SMA/SMK se-Sumatera, Minggu (09/02/2020).

Lomba yang bertajuk inovasi generasi muda dengan sub tema sosial humaniora dan sains teknologi ini diikuti oleh ratusan peserta. Mereka sangat antusias dan siap untuk berkompetisi.

Berbagai tahapan sebelum dilalui oleh peserta. Pengumpulan abstrak untuk diseleksi, pengumpulan full paper, dan hanya 9 karya tulis ilmiah yang akan lolos ke babak final. Peserta yang lolos ke babak final diminta untuk menyajikan karya tulisnya di hadapan para dewan juri.

Pada babak presentasi, tim dari SMK Abdurrab Pekanbaru berhasil menyakinkan dewan juri dan keluar sebagai juara melalui judul uji aktivitas krim kulit durian (durio zibethinus Murr) terhadap bakteri staphylococcus sp. Penyebab Jerawat Secara In Vitro (Juara 1), uji khasiat ekstrak resain buah jernang (daemonorops draco BI) untuk menghentikan pendarahan (Juara 2) dan Pengaruh pembelajatan leadership dalam membentuk karakter siswa di SMK Abdurrab Pekanbaru ( Juara 3).

Perjuangan mereka tentu tidak mudah, Bersama dengan pembimbing KTI siswa/i tersebut harus bisa membagi waktu dengan baik di antara kegiatan penelitian karya tulis dengan kegiatan lain baik yang ada di sekolah maupun di luar sekolah. Ditambah lagi pada semester ini mereka sedang ada Praktek Belajar di luar Sekolah yang dimana mereka benar-benar di repotkan dengan banyak tugas dan laporan.

Namun berkat kedisipilinan mereka mengatur waktu serta bimbingan guru pembina KTR, Matori hadinata, Rendy Parsaulian, Santoso Aguswan, Ika Fathatun dan tidak luput dari pengawasan dan dukungan kepala SMK Abdurrab Pekanbaru Bapak Irham Siregar akhirnya usaha itu membuahkan hasil. Seperti pepatah mengatakan “usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil”.

Irham Siregar kepala SMK Abdurrab Pekanbaru sangat mengapresiasi para siswa-siswinya yang telah mengukir prestasi di tingkat sumatera itu.

“Prestasi yang diraih ini merupakan pencapaian yang sangat membanggakan,” tuturnya.

Ia menambahkan lagi bahwa, sekolah memberikan ruang seluas-luasnya bagi para siswa/i untuk mengembangkan diri dalam bidang akademik maupun non akademik yang disesuai dengan minat dan bakat yang di miliki oleh masing-masing siswa/i.

”Siapa pun yang memiliki kemampuan dan peluang untuk menunjukkan potensinya, akan selalu kami dukung sepenuhnya,” Tutup beliau.