51-smk-abdurrab-inisiasi-workshop-merancang-pembelajaran-ipa-tingkat-smp-se-kota-pekanbaru

Pelaksanaan Implementasi Kurikulum Merdeka di SMK Abdurrab

Pelaksanaan implementasi kurikulum merdeka di SMK Abdurrab salah satunya telah dilakukan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Pelaksanaan kegiatan P5 ini menggunakan 90 jam pelajaran dan diselengarakan secara blok, selama kurang lebih 2 minggu. Tema yang dipilih pada pelaksanaan P5 yang pertama ini adalah Bangunlah Jiwa dan Raganya, dengan sub tema Anti Bullying/Perundungan. 

Nilai karakter yang diharapkan dapat berkembang pada siswa/i antara lain Berakhlak mulia dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Berkebhinekaan Global, Gotong royong, Mandiri, dan Kreatif.

Seluruh siswa kelas X dan warga sekolah melaksanakan dengan antusias karena ini merupakan hal baru, baik bagi siswa maupun guru dan seluruh Karyawan SMK Abdurrab.

Diharapkan siswa akan lebih memahami dan dapat mengaplikasikan bagaimana profil pelajar Pancasila bagi diri masing-masing. Dengan mengenali diri dan lingkungannya, serta pembelajaran social emosional, siswa diharapkan memiliki karakter yang lebih mandiri, mengenal potensi, bakat minat yang dimiliki serta bagaimana mewujudkan secara positif. Siswa diharapkan mampu membiasakan budaya positif seperti menghargai diri dan orang lain, berperilaku baik, memiliki rasa peduli dan empati pada orang lain dan lingkungan belajar yang nyaman bagi seluruh siswa.

Selanjutnya siswa diajak mengenali dan memahami serta memecahkan permasalahan tentang bullying atau perundungan. Mengapa banyak terjadi di lingkungan? Bagaimana upaya pencegahannya? Tindakan apa yang semestinya dilakukan siswa melawan bullying atau  perundungan? Siswa dalam kelompok memecahkan permasalahan tersebut dengan berbagai langkah dan hasilnya dituangkan dalam bentuk produk yang beragam.

Selain pementasan drama tentang Bullying, di laksankaan juga kegiatan Gelar Karya Produk P5 oleh siswa. Kegiatan berupa pameran hasil karya seluruh siswa tiap kelas dalam bentuk poster anti perundungan/ bullying.