50-smk-abdurrab-sapu-bersih-juara-lomba-kti-se-sumatera

TIM KTI SMK ABDURRAB PEKABARU JUARA 2 LKTI NASIONAL DI UNIVERSITAS NEGERI LAMPUNG

Tim Karya Tulis Ilmiah SMK Abdurrab Pekanbaru berhasil meraih juara 2 Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Lampung pada ajang Pekan Ilmiah Nasional (PIN) ke 5 dengan mengangkat tema “Peran Generasi Milenial untuk Meningkatkan Potensi dan Daya Saing Global dalam  Menuju Indonesia Emas 2045” pada 4 Oktober 2020 lalu yang di umumkan secara virtual oleh panitia PIN ke 5 Unila.

            Tim dalam lomba ini terdiri dari tiga orang peserta yaitu, Tania Fahdila Zahara, Cindy Fatika Sari dan Cindy Novita yang membuat karya tulis dengan  judul “Uji Aktivitas Antidiabetes Air Rebusan Daun Mangga Apel”.

            Berangkat dengan membawa judul tersebut, tim KTI SMK Abdurrab Pekanbaru melalui tahapan demi tahapan yang panjang dimulai dari seleksi Abstrak kemudian pembuatan Full Paper sebagai tahap penentu bagi semua peserta untuk masuk kebabak final. Dari pengumpulan full paper tersebut, tersisalah 15 besar peserta dari seluruh sekolah yang ikut perlombaan. Alhamdulillah, Tim KTI SMK Abdurrab Pekanbaru  menjadi salah satu bagian dari 15 besar peserta yang berhasil masuk dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) Pekan Ilmiah Nasional (PIN) ke 5 Unila.

Peserta yang berhasil masuk ke 15 besar diminta untuk mempresentasikan hasil Karya Tulis Ilmiahnya dalam bentuk video presentasi yang berdurasi 10 menit yang kemudian di upload di channel youtube ukm  penelitian unila. Dalam video presentasi tersebut, tim KTI SMK Abdurrab Pekanbaru benar - benar memaksimalkan  waktu yang singkat untuk menampilkan presentasi terbaiknya dalam meyakinkan dewan juri.

Irham Siregar menyampaikan bahwa dalam mengikuti kompetisi ada hal yang perlu diingat yakni, “Setiap karya penelitian semua anak SMK Abdurrab Pekanbaru itu bagus dan berpotensi menang asalkan kita semua harus berani memastikan target, berani mengambil kesempatan, dan berani memperjuangkan sampai sukses”, ujar Kepala SMK Abdurrab Pekanbaru tersebut.

Kompetisi nasional yang diselenggarakan secara online ini sangatlah menarik bagi seluruh anggota tim serta memberikan pengalaman baru bagi mereka. Selain itu, dengan mengikuti kompetisi ini, anggota tim merasakan manfaat yang besar karena tertantang untuk berpikir kritis dan mempertajam kemampuan analisis masalah sehingga melahirkan inovasi baru yang bermanfaat.

Ika Fathatun yang tergabung dalam Tim KTI SMK Abdurrab Pekanbaru yang berhasil meraih juara 2 LKTIN ini merasa bahwa keberhasilan tersebut merupakan hadiah yang indah dan harus banyak bersyukur. Beliau juga berpesan kepada siswa/i tim KTI agar dapat mengambil kesempatan yang ada dan jangan menyia – nyiakannya, tutup beliau.