106-metode-penelitian-pengertian-tujuan-jenis

Daun Sirih Hijau (Piper betle L.)

Klasifikasi Daun Sirih Hijau (Piper betle L.)

Menurut Tjitrosoepomo (1988) kedudukan tanaman sirih dalam sistematika tumbuhan (taksonomi) diklasifikaiskan sebagai berikut:

Kingdom : Plantae

Subkingdom : Tracheobionta

Divisio : Spermatophyta

Sub Divisio : Angiospermae

Kelas : Dikotiledonaea

Ordo : Piperales

Famili : Piperaceae

Genus : Piper

Spesies : Piper betle L. 

Daun sirih sering dijumpai sebagai tanaman hias di banyak rumah. Selain jadi tanaman hias, daun sirih juga dikenal sebagai tumbuhan punya banyak manfaat. Tanaman ini punya daun yang lebar dan biasa tumbuh menjulur atau menjalar. Daun sirih punya banyak manfaat kesehatan. Daunnya penuh dengan vitamin seperti vitamin C, tiamin, niasin, riboflavin, karoten yang merupakan sumber kalsium yang bagus, tanning, saponin, eugenol, dan beragam jenis minyak esensial.

Daun yang satu ini dikenal punya sifat antiseptik, antiinflamasi, dan pendingin kulit. Sehingga mujarab untuk mengatasi berbagai masalah penyakit kulit. Akan tetapi, khasiat yang diberikan daun sirih tak hanya sebatas untuk kulit. Saat dikonsumsi, daun ini akan memberikan manfaat bagi kesehatan organ tubuh, terutama daun sirih merah. Sebagai obat diabetes dan asam urat misalnya.

Daun sirih sudah digunakan untuk obat tradisional sejak nenek moyang zaman dulu. Menariknya dari daun sirih ini, punya segudang manfaat tapi tak membuatnya mahal dijual. Untuk kamu yang ingin mengandalkan daun sirih untuk menyehatkan tubuh, daun sirih ini banyak dijual di pasar tradisional. Atau kamu juga bisa menanamnya sendiri di rumah, kemudian tinggal memetik daunnya jika membutuhkan.

1. Analgesik.

Daun sirih adalah analgesik yang sangat baik, bantuan instan dari rasa sakit. Ini dapat digunakan dalam mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh luka, memar, ruam, dan lain sebagainya. Caranya tumbuk halus beberapa lembar daun sirih hingga jadi pasta. Oleskan pada bagian yang sakit.

2. Meringankan sembelit.

Daun sirih dapat membantu kinerja antioksidan untuk membersihkan radikal bebas dari tubuh. Mengembalikan tingkat PH normal dalam tubuh, sehingga dapat membantu mengatasi sakit perut. Dilansir dari Ayurveda, mengonsumsi air campuran daun sirih dapat meringankan sembelit. Caranya hancurkan daun sirih dan masukkan ke dalam air semalaman. Minumlah air di pagi hari saat perut masih kosong.

3. Melancarkan sistem pencernaan.

Sifat karminatif, usus, anti perut kembung dan untuk sifat-sifat daun sirih lainnya dapat membantu melindungi usus. Daun sirih bekerja untuk meningkatkan metabolisme yang memicu sirkulasi dan merangsang usus untuk menyerap vitamin dan nutrisi penting.

4. Mengurangi masalah pernapasan.

Daun sirih banyak membantu dalam mengobati masalah sakit dada, paru-paru dan asma. Caranya oleskan sedikit minyak mustard pada daun, panaskan dan letakkan di dada untuk menyembuhkan masalah pernapasan. Kamu juga bisa merebus beberapa daun dalam air, tambahkan kapulaga, cengkeh, dan kayu manis. Konsumsi ramuan ini dua hingga tiga kali sehari untuk menghilangkan masalah pernapasan.

5. Antiseptik dan antijamur.

Daun sirih memiliki sifat antiseptik yang luar biasa karena kaya akan polifenol, terutama chavicol yang menawarkan perlindungan ganda dari kuman. Itu juga digunakan secara luas dalam mengobati radang sendi dan orkitis.

6. Menghentikan mimisan.

Bukan jadi rahasia lagi kalau daun sirih sering digunakan untuk menghentikan pendarahan hidung atau mimisan. Kandungan fenil popies dan terpene daun sirih inilah yang jadi kunci utama. Cara penggunaan daun sirih untuk mimisan ialah kamu cukup menggulung daun ini jadi kecil, lalu masukkan ke lubang hidung yang sedang mimisan.

7. Mengobati batuk.

Jangan pernah remehkan sakit batuk, karena penyakit ini dapat juga mengganggu aktivitas sehari-hari. Salah satu manfaat dari daun sirih ialah untuk mengurangi masalah batuk. Caranya, cuci bersih 5 lembar daun sirih lalu rebus dengan 300 ml air. Tunggu beberapa menit sampai air mendidih. Setelah itu minum air rebusan saat hangat.

8. Mengurangi bau badan.

Daun sirih mengandung estradiol dan klavikula. Dua kandungan tersebut dapat mengurangi bau badan yang berlebih. Karena estradiol dan klavikula mampu mengatur produksi hormon di kelenjar keringat. Kamu hanya perlu mengonsumsi rebusan daun sirih ini secara rutin.

9. Mengobati bronkitis.

Daun sirih dipercaya dapat membantu menyembuhkan penyakit bronkitis. Caranya cuci bersih 5-7 lembar daun sirih, lalu rebus dengan air 300 ml. Tunggu hingga mendidih, lalu minum. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa konsumsi minuman ini tiga kali sehari.

10. Mengobati gusi berdarah.

Tidak hanya untuk menghentikan mimisan hidung, daun sirih juga bisa menghentikan pendarahan pada gusi. Kandungan saponin, tanin, kalsium, dan mineral fosfor akan meredakan peradangan pada gusi berdarah. Caranya cuci bersih, lalu rebus 10 lembar daun sirih merah. Kemudian gunakan airnya untuk kumur 3 kali sehari.

11. Mengobati tumor.

Daun sirih juga dipercaya mampu mengobati penyakit berat, tumor misalnya. Karena senyawa yang ada di dalam daun sirih dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Saat kekebalan tubuh meningkat, maka sel-sel darah putih tubuh juga akan mampu menghancurkan zat-zat karsinegok atau tumor di dalam tubuh.

12. Obat asam urat.

Daun sirih juga bisa jadi obat meredakan nyeri otot. Karena itu dengan meminuman secara rutin rebusan daun sirih, bisa membantu mengurangi asam urat secara alami. Caranya cuci dan rebus 8 lembar daun sirih dengan 500 ml air. Tuang rebusan air jadi tiga gelas, minum satu gelas 3 kali sehari.

13. Mengobati jantung koroner.

Nggak hanya mampu mencegah tumor, tapi juga bisa jadi obat penyakit jantung. Caranya cuci bersih lalu haluskan tiga lembar daun sirih merah. Campurkan dengan 7 butir cabai jawa, 3 butir bawang merah, dan sejumput jintan. Lalu tuangi air mendidih. Tunggu sampai endapan turun. Kemudian minum airnya dua kali sehari.

14. Melawan kanker sumsum tulang belakang.

Salah satu manfaat daun sirih yang tak banyak orang tahu ialah mampu melawan kanker, terutama kanker sumsum tulang belakang. Menurut penelitian Indian Institute of Chemical Biology (IICB), Institute of Haematology and Transfusion Medicine, Kolkata, dan Piramal Life Sciences, Mumbai, daun sirih mampu meningkatkan harapan hidup bagi pasien kanker sumsum tulang.

15. Menyehatkan mata.

Daun sirih punya sifat anti bakteri dan antiinflamasi. Kamu bisa mendapatkan mata sehat, jauh dari berbagai penyakit gatal hanya dengan memanfaatkan daun sirih ini. Caranya mudah, cuci bersih dan rebus 20 lembar daun sirih hijau atau merah, lalu gunakan air rebusan tersebut untuk mencuci mata.

16. Menjaga kesehatan Miss V.

Dilansir dari StyleCraze, antiseptik yang ada di daun sirih mampu menjaga kesehatan Miss V secara alami. Karena daun sirih akan mampu melawan bakteri jahat seperti Candida yang menyebabkan keputihan atau leukorrhea. Caranya cuci bersih dan rebus 5-10 lembar daun sirih ke 250 ml air. Gunakan air rebusan tersebut untuk mencuci area kewanitaanmu.

17. Menghilangkan jerawat.

Manfaat daun sirih yang paling dikenal adalah untuk mengatasi berbagai masalah kulit, salah satunya tak lain adalah jerawat. Sifat antiseptik dan anti bakteri yang ada di daun sirih mampu menghilangkan jerawat yang ada di wajah, punggung, maupun area dada. Caranya bersihkan beberapa lembar daun sirih, lalu tumbuk sampai halus. Masukkan ke dalam rebusan. Gunakan handuk, lalu aplikasikan air rebusan ke bagian kulit yang membutuhkan perawatan.

18. Menyembuhkan sakit kepala.

Jika kamu menderita sakit kepala parah, daun sirih bisa menyelamatkanmu. Karena daun sirih punya sifat pendinginan yang memberikan bantuan instan dari rasa sakit ketika diterapkan secara eksternal (dari luar).

19. Mencegah karsinogen yang mengarah pada kanker mulut.

Mengunyah daun sirih dipercaya dapat mencegah kanker mulut, karena membantu menjaga kadar asam askorbat dalam air liur. Caranya cuci bersih lalu rebus 10 hingga 12 lembar daun sirih selama beberapa menit. Tambahkan madu ke dalam air tersebut. Minum ini setiap hari secara rutin.

20. Membantu mengobati diabetes.

Beberapa komponen dan kandungan yang terdapat di daun sirih dapat mengurangi kadar gula dalam darah. Karena itu daun sirih dipercaya mujarab untuk mengatasi penyakit diabetes. Cukup rebus beberapa lembar daun sirih, lalu konsumsi air rebusan secara teratur.


Sumber :brilio.net