106-metode-penelitian-pengertian-tujuan-jenis

Jambu Air

Jambu air adalah tumbuhan dalam suku jambu-jambuan atau Myrtaceae yang berasal dari Asia Tenggara. Masing-masing jambu tersebut dibedakan atas beberapa faktor antara lain warna, bentuk buah, ukuran buah, teknik budidaya, tekstur daging buah dan masih banyak lagi lainnya.

Tumbuhan ini berbentuk pohon, Batang jelas terlihat, berkayu (lignosus), silindris, tegak, kulit kasar, batang berwarna coklat kehitaman, percabangan simpodial. Arah tumbuh batang tegak lurus. Arah tumbuh cabang condong keatas dan ada pula yang mendatar. 

Daun Eugenia aquea merupakan daun tunggal tidak lengkap karena hanya memiliki tangkai daun (petiolus) dan helaian daun (lamina), lazimnya disebut daun bertangkai.

 

Pada tanaman berbunga seperti tanaman jambu, fungsi dari bunga adalah sebagai alat perkembangbiakan generatif. Pada bunga terdapat serbuk sari (alat perkembangbiakan jantan) dan putik (alat perkembangbiakan betina). Serbuk sari akan menyerbuki putik sehingga terjadi pembuahan.

 

Beberapa karakteristik jenis Jambu Air, antara lain :

 

Jambu Madu Kesuma Merah 

Sesuai dengan namanya jambu Kesuma Merah adalah jambu madu air yang berwarna merah, memiliki tingkat kerapuhan yang sangat tinggi, kerapuhan terkadang membuat kita sulit untuk memecahkan jambu ini ketika ingin dimakan, kemudian yang membedakaknnya dengan yang lain adalah ketiadaan lubang didalam jambu madu kesuma merah ini, sehingga dagingnya padat dan sangat rapuh, selain itu warnanya yang merah membuat para pelanggan lebih memilih jambu ini.

 

Jambu Madu Deli Hijau

Jambu madu Deli Hijau adalah jambu air madu yang berwarna hijau yang memiliki tingkat kemanisan yang luar biasa, jambu madu hijau juga tidak memiliki biji didalamnya dan memiliki daging yang rapuh yang membuat lezit saat dimakan. Perbedaan yang sangat mendasar dibandingkan dengan jambu madu lainnya adalah jambu madu Deli Hijau ini yang pertama, lebih cepat berbuah, jika bibit yang ditanam itu berumur 3-4 bulan mulai pencangkokan yang biasanya memiliki tinggi sekitar 60-70 cm, maka ia akan berbuah pada umur 8-9 bulan dengan perawatan yang standart. kemudian yang kedua adalah jauh lebih lebat buahnya walau memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan jambu madu lainnya.

 

 

Jambu Madu SUPER GREEN ( Jambu Madu Super)

 
Dari nama jambu madu ini mungkin sudah terbayang dalam pikiran kita yaitu jambu madu yang super alias yang besar dan berwarnanya hijau. besarnya jambu madu ini dapat mencapai ukuran satu botol aqua gelas, kalau ditimbang beratnya 1 kg 4 buah, selain besar bentuknya juga panjang hal ini dapat kita lihat dari gambar jambu diatas. walau ukurannya besar namun tidak mengurangi rasa manis yang terdapat pada jambu madu ini, jika anda memakan jambu madu Super Green ini maka manisnya akan terasa dari atas sampai ke bawah. jika kita lihat dari warna memang sama dengan jambu madu Deli Hijau tetapi jika sudah tua atau masak jambu ini akan sedikit berwarna hijau kekuning-kuningan. kemudian waktu berbuah jambu ini dapat disamakan dengan jambu madu Kesuma Merah yaitu waktunya sekitar 13-15 bulan berbuah, dan karena  buahnya besar-besar maka jambunya juga tak selebat jambu madu Deli Hijau, tetapi karena pohonnya terbilang lebih besar maka jambunya juga dapat berbuah dengan banyak,

 

Jambu air citra

Jambu yang satu ini merupakan buah asli Indonesia. Ia memiliki warna buah merah tua dan bentuknya seperti lonceng kecil. Bobot per buahnya bisa mencapai angka 200 gram. Ia didominasi jenis yang tak berbiji dan mulai berbuah setelah 2 tahun masa penanaman.


Jambu air Pink Rose Apple

 Buah ini memiliki perpaduan warna kulit yang unik. Warna yang mendominasi adalah pink atau merah muda dengan semburat warna hijau yang samar. Bobot buahnya bisa mencapai angka 300 gram. Rasanya sangat manis dan segar. Istimewanya, kadar airnya cukup tinggi. Jika dibudidayakan, ia mulai berbuah di usia 2 tahun.