51-smk-abdurrab-inisiasi-workshop-merancang-pembelajaran-ipa-tingkat-smp-se-kota-pekanbaru

Melaksanakan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dengan Tema yang Diambil Adalah kearifan Lokal, Mengangkat Topik Tentang Makanan Tradisional/ Khas Melayu Riau

Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada dasarnya adalah mengembangkan siswa yang berkarakter dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila. Kegiatan ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar dari lingkungan sekitar, salah satunya adalah kearifan lokal yang terdapat di Provinsi Riau. Kehadiran pelajar di wilayah tempat tinggalnya dapat memberikan kontribusi penting bagi berkembangnya budaya yang mencerminkan kearifan lokal.

Unsur utama Kurikulum Merdeka adalah melaksanakan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Tema yang diambil dalam P5 semester Genap di kelas X pafa tahun pelajaran 2023/2024 adalah kearifan lokal. Mengangkat topik tentang Makanan Tradisional/ Khas Melayu Riau.

Makanan tradisional adalah produk budaya yang kecenderungannya ditinggalkan oleh masyarakat. Padahal makanan tradisional memiliki nilai historis yang tidak bisa dipisahkan dari masyarakat itu sendiri. Di era sekarang ini, ada kecenderungan anak-anak tidak menyukai bahkan tidak mengenal makanan tradisional khas daerahnya sendiri. Mereka lebih senang mengkonsumsi makanan-makanan modern. Oleh karena itu, SMk Abdurrab menganggap penting untuk mengangkat topik makanan tradisional ini dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Tujuannya agar anak-anak mengenal dan mencintai makanan tradisional khas Melayu Riau sebagai warisan budaya lokal yang lekat dengan masyarakat.