51-smk-abdurrab-inisiasi-workshop-merancang-pembelajaran-ipa-tingkat-smp-se-kota-pekanbaru

Kunjungan Industri SMK Abdurrab Pekanbaru ke Klinik Utama Pramita dan PT Kimia Farma Apotek Padang Sumatera Barat

Kegiatan kunjungan industri yang dilakukan oleh Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Abdurrab, merupakan agenda rutin setiap tahunnya. Sebab, dengan mengunjungi sebuah Laboratorium Klinik, PT maupun industri, mereka bisa melihat gambaran pekerjaan yang nantinya akan dilakukan.

Seperti yang telah dilakukan oleh siswa/i Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Abdurrab Pekanbaru pada hari Sabtu, 4 November 2023 yang telah berjalan dengan lancar.

Adapun perusahaan atau industri yang dituju adalah Klinik Utama Pramita dan PT Kimia Farma Apotek, Padang Sumatera Barat.
Dalam kunjungan industri tersebut, para siswa/i diberikan kesempatan oleh pihak Perusahaan, melihat secara langsung dan belajar tentang pemeriksaan laboratorium dengan menggunakan alat-alat otomatis, seperti pemerikasaan Hematologi, Kimia Klinik, Bakteriologi, Kanker dan penyakit Infeksius bagi siswa/i yang jurusan Teknik Laboratorium Medik, dan belajar tentang sistem manajerial obat, seperti pemesanan obat, penyimpanan Obat, pemberian informasi tentang obat serta Pelayanan Farmasi bagi siswa/i jurusan Teknologi Farmasi.

Dengan demikian, kunjungan industri menjadi bagian penting untuk dilakukan. Karena para siswa/i setelah lulus dari SMK akan terjun ke dunia kerja tidak kaget dan lekas dapat menyesuaikan dengan lingkungan kerja.

“Iya, dari pihak penyelenggara pendidikan dan pemerintah pun berharap, dengan kegiatan kunjungan industri ini para siswa SMK akan lebih mudah menyesuaikan diri dengan dunia kerja atau lingkungan perusahaan,” ujar Irham Siregar Kepala SMK Abdurrab di Klinik Utama Pramita.

Irham juga menambahkan, siswa/i SMK Abdurrab nantinya saat diterima di dunia kerja mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan tempatnya di terima kerja nantinya. Selain itu, dapat menambah berbagai ilmu pengetahuan tentang dunia industri.

Alhamdulillah sesampai nya di sana kita disambut baik oleh pihak Klinik Utama Pramita dan PT Kimia Farma Apotek dan siswa/i di ajak untuk melihat ke seluruh penjuru ruangan Laboratorium dan Apotek.