51-smk-abdurrab-inisiasi-workshop-merancang-pembelajaran-ipa-tingkat-smp-se-kota-pekanbaru

Workshop Pembelajaran Berbasis Projek Rill dan Pemanfaatan Teknologi Digital

Workshop Pembelajaran Berbasis Projek Rill dan Pemanfaatan Teknologi Digital bersama Pemateri Ibu Dr. Rika Melyanti, M.Kom.

Kegiatan Workshop ini di buka oleh bapak Kepala SMK Abdurrab Pekanbaru dan sekaligus sambutannya. Kemudian langsung dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Dr. Rika Melyanti, M.Kom.

Pembelajaran berbasis Project Riil merupakan pembelajaran yang menggunakan proyek sebagai media dalam proses pembelajaran untuk mencapai soft skills, hard skills dan karakter.

Fokus pembelajaran terletak pada aktivitas-aktivitas peserta didik dalam menghasilkan produk yang menerapkan keterampilan meneliti, menganalisis, membuat, sampai dengan mempresentasikan produk pembelajaran berdasarkan pengalaman nyata. Dalam kegiatan ini peserta didik dan guru bekerjasama dalam menciptakan sebuah produk inovasi.

Dalam pengimplementasiannya, peserta didik juga belajar menganalisis spesifikasi produk (barang/ jasa) yang dipersyaratkan oleh konsumen, dari menghitung biaya produksi, merancang produk dan merencanakan proses produksi, memeriksa atau menilai produk (quality control), penjualan/ pemasaran, distribusi hingga pelayanan purna jual, serta peningkatan mutu berkelanjutan.